5 Things to Know

Image link

  1.   Apa itu KBR?

Penjelasan mengenai apa yang diliput atau diproduksi dalam platform online, podcast, radio

KBR Media adalah perusahaan pers multimedia yang meraih banyak penghargaan. Salah satu penghargaan terpenting bagi KBR adalah dari King Baudouin Belgia karena KBR dinilai berjasa memajukan taraf hidup masyarakat melalui penguatan demokrasi, pengembangan toleransi dan partisipasi aktif masyarakat. KBR juga dipandang berjasa dalam mempromosikan etika jurnalistik di dunia media.

Misi kami adalah mendorong terciptanya Indonesia yang lebih inklusif. Kami berkomitmen pada kebebasan informasi, jurnalisme yang berkualitas serta partisipasi orang muda yang bermakna. Ini sesuai sasaran seluruh produk KBR Media yaitu orang muda yang kritis dan punya rasa ingin tahu yang tinggi tentang apa yang terjadi di sekitar kita.

KBR percaya informasi adalah barang publik, dan karenanya perlu dipakai untuk seluas-luasnya kepentingan publik. Kami membuka ruang untuk bicara serta mendorong perubahan di masyarakat. Bersama-sama, kita wujudkan Indonesia yang lebih baik!

Tema keberagaman adalah kekuatan liputan KBR Media. Kami juga mengawal terus perkembangan di bidang hukum dan politik, sampai lingkungan dan budaya populer. Kami memilah dan memilih tema yang diangkat supaya relevan dengan target audiens.

Produk KBR Media hadir dalam berbagai platform yang memadukan keunggulan medium tradisional dan digital secara optimal. KBR network berjejaring dengan 300+ radio lokal di 36 provinsi, KBR.ID fokus pada pemberitaan aktual sementara KBRPRIME.ID mengembangkan ekosistem podcast yang sehat dan berkualitas. Selain itu KBR Media juga punya tim creative/services yang membantu partner mendapatkan solusi terbaik atas tantangan yang dihadapi terkait publikasi di media.

  1.   Siapa target audience KBR?

Target audience yang disasar, apa yang menjadi unique selling point dari KBR, relay siaran NHK, dsb. Boleh juga menegaskan KBR bukan radio seperti Prambors

 

Kami menyebut audiens KBR sebagai #TemanKBR. Kami ingin produk yang kami sajikan dan peristiwa yang kami liput bisa menjadi teman bagi audiens KBR dalam mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidup. Sasaran kami adalah orang muda yang kritis dan punya rasa ingin tahu yang tinggi. Karena kami percaya kalau pikiran itu seperti parasut, yang baru bekerja ketika terbuka. KBR butuh banyak #TemanKBR untuk sama-sama mendorong perubahan dan menciptakan dampak untuk Indonesia yang lebih baik!

 

Sejak awal KBR berdiri pada 1999, misi kami adalah membuka akses informasi yang imparsial bagi publik lewat jalur radio. Karena informasi adalah public good, maka itu juga yang kami tawarkan kepada audiens: peliputan dengan perspektif. Peristiwa tak ditampilkan begitu saja, tapi dilengkapi dengan perspektif kemanusiaan yang inklusif sehingga korelasi dengan audiens lebih terasa.

 

Sampai hari ini, KBR berjejaring dengan 300+ radio lokal di 36 provinsi, menjangkau 5 juta pendengar setiap hari. Sebanyak 43% pendengar program radio KBR berusia 24-35 tahun dengan SSE B dan C. Sementara itu audiens di platform digital lebih muda, misalnya KBRPRIME.ID yang memiliki 34% audiens di usia 18-24 tahun, disusul kelompok usia 24-25 tahun. #TemanKBR juga bisa mengikuti KBR di media sosial lewat Instagram @kbr.id dan @kbrprime.id serta Tiktok @kbrprime.id dan Facebook, X serta Youtube @beritakbr dengan total 250K followers, di mana 34%-nya berusia 18-24 tahun.

3.   Apa produk/jenis konten yang telah hadir (dan yang akan segera hadir)?

 

KBR Media punya beragam produk di berbagai platform sebagai upaya kami untuk memenuhi kebutuhan audiens. Lewat KBR Network, kami menghadirkan program berita radio dengan sajian berita yang aktual dan penting untuk pendengar secara nasional. Program berita radio ini penting bagi radio jaringan KBR yang ada di daerah terpencil, di mana radio masih jadi akses utama untuk mendapatkan berita. Setiap Senin-Jumat, program-program kami mengudara ke ratusan radio perelay: Kabar Baru, Buletin Pagi, KBR Pagi, Ruang Publik sampai KBR Sore.

 

Produk podcast kami menyasar audiens yang lebih niche sebagai suatu kekhasan dari podcast. Prinsip utama kami dalam berkreasi dengan podcast sesuai dengan tagline yang dipakai yaitu podcasts for curious minds. Podcast KBR News Today hadir Senin-Jumat sore, dengan rangkaian berita terpenting dalam sehari yang mungkin terlewatkan ketika #TemanKBR beraktivitas. Ada juga podcast FOMO Sapiens yang hadir dalam format news commentary - memberi celetukan sekaligus mengupdate rangkaian peristiwa terpenting dalam sepekan. Podcast ini hadir setiap hari Jumat, dan bisa dipakai #TemanKBR untuk mengupdate pengetahuan sebelum kongkow dengan teman-teman di akhir pekan - no more missing out, peeps!

 

Dengan sasaran audiens yang lebih muda, KBR Prime juga menghadirkan podcast yang sesuai kebutuhan dan minat orang muda. Ada podcast Uang Bicara untuk mendongkrak literasi financial anak muda, ada podcast Disko (Diskusi Psikologi) yang mengulas soal kesehatan mental dengan pesan yang jelas: jangan melakukan diagnosis mandiri; pergilah ke pakar jika menghadapi masalah. KBR Prime juga hadirkan podcast Saga, sebuah storytelling podcast premium yang telah memenangkan banyak penghargaan jurnalistik. Kami juga berkolaborasi dengan media lain untuk memproduksi podcast; misalnya bersama Project Multatuli untuk liputan berjudul “Ada Predator di Ruang Kerja” tentang pelaku kekerasan seksual di lingkungan kerja. KBR juga menjadi satu-satunya media yang menghadirkan podcast investigasi Disclose. Disclose meraih penghargaan karya jurnalistik anak terbaik dari AJI (Aliansi Jurnalis Independen) Indonesia dan UNICEF, lewat serial pertamanya tentang kawin anak di Indonesia.

 

Dan ini dia yang coming up next di KBR untuk 2024!

 

-        Indonesia Baik is back! Indonesia Baik adalah kampanye yang dilakukan KBR untuk mendorong lebih banyak anak muda berani bersuara dan bercerita soal keberagaman. Kampanye ini memasuki tahun ketiga dengan kegiatan seperti lomba konten media sosial, kelas inklusi di kampus serta Indonesia Baik Awards 2024! Tahun lalu, Indonesia Baik hadir dengan kegiatan KBR Prime Podcaster Hunt, yang mengajak 90 orang muda dari 60 komunitas bergabung dalam boot camp untuk memproduksi podcast tentang keberagaman dan melawan hoaks Pemilu 2024. Ke-30 podcast yang diproduksi dari sesi boot camp lantas dikampanyekan di media sosial dan menjangkau 550K audiens, dengan 24K engagement, dan 2.8K podcast plays.

-        Love Buzz hadir dengan season ke-7 pada bulan Mei 2024. Love Buzz adalah podcast pertama di Indonesia yang mengangkat tema soal gender dan seksualitas. Love Buzz juga telah bergerak melampaui podcast lewat serangkaian kegiatan seperti workshop podcast dan photo series sampai pameran foto dan podcast di 5 kota di Indonesia Timur, serta hadir sebagai bagian dari Jakarta International Photo Festival 2021.

-        Antologi Garib: ini bukan podcast horor biasa. Ini adalah cara KBR Prime mengolah genre ‘horor’ yang diminati banyak sekali pendengar podcast. Kami mengolah urban legend dari berbagai negara di dunia dan mengemasnya sebagai suatu podcast horor. Podcast ini adalah hasil adaptasi dari podcast yang diproduksi Qast, Swedia. Antologi Garib akan dilis pada awal Mei 2024.

-        Podcast Cooking the Food, not the Planet - sebuah podcast masak dengan perspektif krisis iklim. Podcast ini menghadirkan sesi masak dengan memakai bahan baku yang terancam punah akibat krisis iklim. Podcast akan menghadirkan perbincangan antara seorang chef dengan pakar lingkungan, di mana mereka akan masak sembari membicarakan cerita di balik bahan baku yang dipakai untuk resep yang mereka masak. Podcast ini didukung Earth Journalism Network (EJN) Asia Pacific.

  1.   Bagaimana humas/korporat dapat bekerjasama dengan KBR?

Memberikan sedikit panduan untuk humas/korporat ketika mereka ingin bekerja sama, apakah ada advertorial, iklan pop out, adlibs, dsb

 

Ada banyak jalan ke Roma, ada banyak jalan juga untuk berkolaborasi bersama KBR!

 

Untuk platform tradisional di radio, maka ada banyak cara beriklan misalnya lewat radio ads, sponsorship, blocking time, dan sebagainya. Keunggulan dari KBR adalah jejaring yang luas. KBR memiliki jaringan radio swasta terluas di Indonesia lho! Ini yang membuat distribusi konten dan diseminasi pesan jadi lebih strategis karena mampu menjangkau orang yang ada di wilayah terpencil sekaligus. Hampir 70 persen radio jaringan KBR berada di wilayah kabupaten dengan akses informasi yang lebih terbatas, sehingga radio jadi moda utama mengakses informasi.

 

Program Indonesia Baik juga jadi ajang strategis untuk berkolaborasi bersama KBR. Lewat Indonesia Baik, KBR mendorong nilai-nilai kebaikan dan keberagaman, untuk Indonesia yang lebih inklusif. Nilai seperti ini tentu penting juga bagi banyak entitas bisnis, yang ikut berkontribusi pada pertumbuhan dan pergerakan masyarakat. Kami mengajak sebanyak mungkin pihak untuk berkolaborasi dalam kampanye Indonesia Baik demi menjaga Indonesia yang tetap beragam.

 

Selain itu, platform digital juga menawarkan bentuk-bentuk lain untuk beriklan. Ada sponsored content dalam bentuk produksi podcast show baru atau podcast episode yang menjadi bagian dari podcast KBR Prime. Ada juga podcast ads yang bisa dimanfaatkan untuk materi-materi pendek. Survei global menemukan kalau pendengar podcast tak keberatan jika konten yang sedang mereka nikmati itu diselingi dengan iklan. Bisa juga dalam bentuk advertorial atau banner pada website KBR.ID dan KBRPRIME.ID untuk menyampaikan pesan kehumasan atau lainnya.

 

KBR Media juga menawarkan services lainnya seperti event yang sangat mungkin menyesuaikan dengan kebutuhan klien. Kami berkolaborasi dengan Universitas Multimedia Nusantara untuk pelatihan dan produksi podcast oleh kelompok tuna netra; hasilnya bisa disimak dalam podcast Glow in the Dark. Kami juga sering bekerja sama dengan kampus lewat kegiatan rutin Podcast Kampus Ke Kampus (P3K) untuk berbagi tentang perkembangan podcast terkini kepada teman-teman mahasiswa. Kami juga sering menggelar event yang bersifat kompetisi seperti Lomba Desain Merchandise dan Lomba Komik dengan NLR Indonesia, Lomba Menulis bersama Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), atau Lomba Konten Digital bersama ChildFund yang sedang berlangsung.

 

Kami juga dipercaya klien melakukan berbagai macam workshop, terutama yang berkaitan dengan proses komunikasi atau produksi konten. Tahun 2023 lalu, KBR Media dan Oxfam menggelar boot camp untuk pemberdayaan organisasi lokal, lewat produksi modul serta kampanye tentang perubahan iklim. Ada juga kegiatan KBR Prime Podcaster Hunt 2023 yang didukung program Harmoni (USAID) untuk meningkatkan kapasitas orang muda dalam produksi podcast dengan muatan bermakna, yaitu pesan keberagaman dan melawan hoaks.

 

Kami punya signature event yang sudah berjalan rutin selama 5 tahun yaitu Podcast Party. Inilah saatnya merayakan Hari Podcast Internasional sekaligus perkembangan skena podcast di tanah air untuk mendorong ekosistem podcast yang lebih sehat dan berwarna lagi. Podcast Party Season 5 digelar pada 2023 lalu untuk memperkenalkan 20 Kolaborator baru di ekosistem KBR Prime.

  1.   Apa yang membuat pitch dari humas/korporat menarik? Bagaimana seharusnya pihak humas/korporat mengirimkan materi pers yang baik untuk tim KBR?

Pertimbangan berita naik baik di radio, online, maupun topik yang diangkat di podcast. Penjelasan foto handout harus disertai caption, horizontal, dsb

 

Yang jelas, pitch tersebut harus relevan dengan kebutuhan audiens. Media perlu menjalankan perannya untuk kebutuhan publik, sehingga materi yang dimuat juga harus sesuai kebutuhan publik. Semakin lengkap dan jelas materi yang disampaikan, tentu membuat potensi menarik semakin besar. Karena itu penting juga sebuah rilis digubah dengan memperhatikan kaidah dan pendekatan jurnalistik. Kami juga menyukai materi atau pitch dari Humas yang dilengkapi dengan nomor kontak langsung (tidak lewat PR agency) supaya kami bisa elaborasi lebih lanjut.

 

Kolaborasi antara PR dengan jurnalis juga bisa berlangsung dua arah; tak sekadar satu arah seperti pengiriman rilis. Salah satu bentuk yang cukup jamak adalah media visit di mana jurnalis difasilitasi untuk melakukan peliputan atas suatu kegiatan - utamanya terkait kemanusiaan - yang dilakukan oleh perusahaan. Kami tetap menjaga asas independensi KBR dan memastikan kebebasan kami dalam menuliskan peristiwa tersebut dari kacamata kami dan audiens yang kami layani. Kami mencoba menghindari konten yang sifatnya sangat hard sell karena konten seperti itu bisa ‘mengusir’ audiens. Karena itulah kami selalu membuka ruang diskusi untuk memastikan pesan yang ingin disampaikan bisa diolah sedemikian rupa sehingga mudah dicerna dan dinikmati audiens KBR Media.