Dukung Karya Teman Disabilitas Melalui Podcast Teman Netra

Dukung Karya Teman Disabilitas Melalui Podcast Teman Netra

KBR, Jakarta – Memperingati Hari Disabilitas Sedunia atau Hari Difabel Internasional, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) bersama Mitra Netra dan KBR melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan “Peluncuran Podcast Teman Netra” pada 4 Desember 2023 di UMN.

Peluncuran Podcast Teman Netra tersebut dinamakan dengan Podcast Glow in The Dark yang sudah terdapat 3 episode yaitu Podcast Glow in The Dark, Podcast Kamera Obscura, dan Podcast SanTun.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat berkaitan dengan kehidupan para penyandang disabilitas dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang disabilitas.

Sebagai salah satu bentuk perhatian dan aksi nyata untuk kehidupan para penyandang disabilitas, menjadikan lingkungan akademis sebagai motor penggerak perubahan cara pandang mengenai kaum difabel.

Selain itu, mendapatkan wawasan dan pengalaman yang lebih banyak serta menjadikan kaum difabel menjadi kelompok yang kuat, terampil, berkompeten, dan mandiri.

Serta, meningkatkan solidaritas sosial antar kaum difabel serta dapat mengembangkan peranan komunitas dan aktivis dalam memperjuangkan kepentingan kaum difabel.

Peringatan Hari Disabilitas Sedunia atau Hari Difabel Internasional merupakan peringatan internasional yang disponsori oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1992 dan diperingati setiap tanggal 3 Desember.

Peringatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang disabilitas dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang disabilitas.

Difabel atau disabilitas adalah istilah yang meliputi gangguan, keterbatasan aktivitas, dan pembatasan partisipasi.

Gangguan merupakan sebuah masalah pada fungsi tubuh atau strukturnya; suatu pembatasan kegiatan adalah kesulitan yang dihadapi oleh individu dalam melaksanakan tugas atau tindakan.

Sedangkan, pembatasan partisipasi merupakan masalah yang dialami oleh individu dalam keterlibatan dalam situasi kehidupan.

Jadi disabilitas adalah sebuah fenomena kompleks, yang mencerminkan interaksi antara ciri dari tubuh seseorang dan ciri dari masyarakat tempat dia tinggal.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang telah didanai oleh Kemdikbudristek membuahkan beberapa karya yang diciptakan dari rekan mitra netra yang nantinya karya tersebut dapat dimanfaatkan oleh banyak masyarakat baik sebagai pelaku maupun pendengar.

Program kegiatan ini merupakan salah satu luaran dari hibah pengabdian kepada masyarakat dan judul “Peluncuran Podcast Teman Netra”. Sedangkan tema dari kegiatan ini adalah “Bersatu untuk Mencapai SDG’S dengan, oleh, dan untuk Penyandang Tuna Netra”.

Dalam acara ini dihadiri oleh Dr, Ir. P.M. Winarmo, M.Kom sebagai perwakilan rektorat, Dr. Dante Rigmalia, M.Pd sebagai perwakilan Komisi Nasional Disabilitas (KND), Malika sebagai perwakilan KBR, dan Drs. Bambang Basuki sebagai perwakilan dari Yayasan Mitra Netra.

“Sungguh ini pengalaman yang luar biasa bagi kami selaku praktisi media, kami menyadari posisi media yang memiliki peran sentral dalam mempengaruhi dan membentuk persepsi seseorang terhadap dunia dan hal-hal yang ada di dalamnya.” ujar Malika

“Lewat karya ini kita menjadi saksi atas bakat dan kemampuan yang dimiliki kawan-kawan netra. Mudah-mudahan ini jadi sebuah langkah awal dan penambah semangat bagi lahirnya karya-karya lain.” tambahnya.

Selain peluncuran Podcast Glow in The Dark, kegiatan ini juga diisi dengan diskusi tentang Disabilitas dan Media serta pemutaran film “How far i’ll go?”.

Melalui kegiatan pengabdian seperti ini, diharapkan semakin banyak karya yang akan dihasilkan oleh rekan netra dan semakin bermanfaat bagi sesama untuk kedepannya.

DIPERSEMBAHKAN OLEH UMN & MITRA NETRA / IQBAL RIZQY RAMADHAN

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *